Sabtu, 10 Desember 2011

SEJARAH KOMUNIKASI

SEJARAH KOMUNIKASI DAN PERKEMBANGAN TIK

1. Masa Pra Sejarah (.......... s.d. 3000 SM)

Pada masa pra sejarah, manusia berkomunikasi dengan menggambarkan informasi pada dinding-dinding gua tentang berburu dan binatang buruannya. Manusia mulai mengenal berbagai benda yang ada disekitarnya dan melukiskan benda tersebut pada dinding-dinding gua untuk mewakilinya. Kemampuan bahasa mereka saat itupun hanya terbatas pada dengusan, bahasa isyarat dan gerakan tangan. Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.
2. Masa (3000 SM s.d. 1400 M)

Perkembangan cara berkomunikasi semakin maju pada masa sejarah, mulai dari ditemukannya abjad fonetik, kerta sebagai media menulis, sampai pada cara mencetak buku. Berikut perkembangan informasi yang terjadi selama masa sejarah 3000 SM Bangsa Sumeria menemukan tulisan untuk pertama kalinya. Tulisan tersebut berupa simbol-simbol yang disebut piktograf
2900 SM Bangsa Mesir kuno telah mengembangkan tulisan Hieroglif untuk berkomunikasi.
1775 SM Bangsa Yunani memperkenalkan sistem penulisan dari kiri ke kanan dengan menggunakan abjad fonetik yaitu huruf yang dibuat berdasarkan bunyi ucapan.
1400 SM Bangsa China mulai menuliskan sejarah mereka pada kepingan tulang binatang
1270 SM Bangsa Suriah telah membuat Ensiklopedia untuk pertama kalinya
900 SM Bangsa China membuat sistem pelayanan pos dan kantor pos yang pertama
776 SM Bangsa Yunani mempergunakan burung merpati untuk mengirimkan informasi
530 SM Bangsa Yunani juga membuat perpustakaan untuk pertama kalinya
500 SM Bangsa Mesir kuno menggunakan serat pohon papyrus sebagai kertas
105 SM Bangsa China menemukan kertas. Orang yang menemukan kertas itu bernama Tsai Lun. Kertas tersebut terbuat dari serat pohon bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, diratakan dan kemudian dikeringkan. 14 M Bangsa Romawi secara resmi membuat sistem pelayanan pos
37 M Kaisar Tiberius dari Roma menggunakan cermin sebagai alat mengirim pesan (heliograf).
305 M Bangsa China menciptakan mesin cetak pertama yang terbuat dari lempengan kayu ukir. Sistem pencetakkan dilakukan dengan menggunakan blokm kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta.
3. Masa Modern (1400 M s.d. Sekarang)

Pada masa ini terjadi kemajuan yang cukup berarti pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Berikut perkembangan yang terjadi selama masa modern:
1450 M Koran pertama di dunia mulai beredar di Eropa meski belum terbit secara harian
1455 M Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak yang menggunakan plat huruf dari besi dan dibingkai dengan kayu yang dapat diganti-ganti
1560 M Kamera foto pertama diciptakan dengan nama Camera Obscure
1650 M Surat kabar pertama beredar di Jerman
1714 M Henry Mill dari Inggris menciptakan mesin ketik modern
1793 M Claude Chappe membuat jalur telegraf optic jarak jauh
1821 M Microfon untuk pertama kalinya ditemukan oleh Charles Whaetstone
1830 M Agusta Lady Byron menulis Program komputer yang
pertama bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan ide mesin Analytical
1831 M Joseph Henry menciptakan jalur listrik pertama di dunia
1837 M Samuel F.B. Morse bersama William Cook dan Charles Whaetstone mengembangkan telegraf dan kode Morse
1843 M Alexander Bain menciptakan mesin Faksimili pertama
1861 M Ditemukannya alat yang bernama Kinematoskop untuk memutar slide
1876 M Thomas Alva Edison menemukan mesin fotocopi pertama, Alexander Graham Bell  menyatakan dirinya yang telah menciptakan pesawat telepon. Pada tahun yang sama,  Melvyl Dewey mengembangkan sistem pencatatan katalog buku untuk perpustakaan  diseluruh dunia yang bernama Sistem Desimal Dewey
1888 M Diciptakannya gulungan film untuk memotret oleh George Eastman
1910 M Thomas Alva Edison menciptakan film bersuara pertama di dunia
1923 M Ditemukannya pesawat televisi pertama oleh Vladimir Kosma Zworykin
1934 M Joseph Begun mengembangkan Tape Recorder
1936 M Komputer pertama di dunia dengan nama Z1 telah diciptakan oleh Konrad Zuse
1945 M Vannevar Bush mengembangkan kode Hypertext
1946 M ENIAC 1 yang merupakan komputer digital pertama dikembangkan
1957 M Uni Soviet (RMusia) meluncurkan Sputnik sebagai satelit bumi buatan pertama,  sedangkan di Amerika terbentuk ARPA (Advanced Research Projects Agency)
1958 M Chester Carlson menciptkakan mesin fotokopi pertama dengan nama Xerox
1963 M Amerika menciptakan sistem kode pos
1969 M Lahirnya ARPANET sebagai cikal bakal adanya Internet
1971 M Diciptakannya Disket pertama di dunia
1972 M Ray Tomlinson menciptakan Program e-mail pertama
1973 M Lahirnya protokol internet TCP/IP
1979 M Jepang mempelopori terciptanya jaringan telepon tanpa kabel pertama di dunia
1980 M Perusahaan Sony, Jepang membuat Walkman pertama di dunia
1985 M Ditemukannya cakram penyimpan data (CD)
1992 M Munculnya WWW oleh CERN (Laboratorium Partikel di Swiss)
1999 M Munculnya raksasa mesin pencari informasi secara gratis di dunia yaitu Google.com  Perusahaan telepon Indonesia, Telkom mulai memasarkan produk jaringan internet  yang bernama Telkomnet Instan
4. Sejarah Perkembangan Alat Hitung

Perkembangan dan kemajuan berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi tidak terlepas dari perkembangan alat hitung, mulai dari yang sederhana sampai yang rumit seperti komputer.
a. Abacus 
Alat ini dianggap sebagai awal mula mesin komputasi, muncul 5000 tahun yang lalu dan merupakan alat perhitungan kuno yang digunakan oleh bangsa Romawi kuno dan Yunani kuno. Abacus pada masa ini di pakai oleh para pedagang untuk menghitung transaksi perdagangan. Abacus hingga kini masih digunakan di Cina dan beberapa negara di Asia. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas.
 b. Kalkulator Roda Numerik 1& 2
Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya. Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer.

c. Kalkulator Mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar